Rute, Fasilitas, dan Spot Menarik di Pelabuhan Ratu Sukabumi


Rute, Fasilitas, dan Spot Menarik di Pelabuhan Ratu Sukabumi

Pantai Palabuhanratu atau lebih populer sebagai Pantai Pelabuhan Ratu, adalah sebuah tempat wisata di pesisir Samudra Hindia di selatan Jawa Barat. Lokasinya terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi. Pantai ini dikenal memiliki ombak yang sangat kuat dan karena itu berbahaya bagi perenang pantai. Topografinya berupa perpaduan antara pantai yang curam dan landai, tebing karang terjal, hempasan ombak, dan hutan cagar alam.
Karena tempat ini mempunyai daya tarik sendiri, Presiden Soekarno mendirikan tempat peristirahatannya pada tahun 1960 di Tenjo Resmi. Selain itu, atas inisiatif Soekarno pula didirikanlah Samudera Beach Hotel, salah satu hotel mewah pertama yang dibangun di Indonesia pada kurun waktu yang sama dengan Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel, dan Toko Serba Ada “Sarinah”, yang kesemuanya menggunakan dana pampasan perang dari Jepang.

Pantai Yang Terletak di Sekitar Pelabuhan Ratu :

Pantai Karanghawu
Pantai Karanghawu, yang letaknya sekitar 20 km dari pusat Kota Palabuhanratu, merupakan pantai karang yang menjorok ke laut dan berlubang di beberapa bagian itu. Bentuk karangnya lebih mirip tungku, dalam bahasa Sunda disebut “Hawu”. Pantai-pantai lain yang terletak di daerah ini antara lain adalah :
  • Pantai Cibareno
  • Pantai Cimaja
  • Pantai Cibangban
  • Pantai Citepus
  • Break Water
  • Tenjo Resmi
  • Gua Lalay Palabuhanratu

Rute Menuju Pelabuhan Ratu Dari Jakarta, Bogor, dan Bandung :

Dengan menggunakan Kendaraan Pribadi Pribadi:

Jakarta
Jakarta (Cawang) > Tol Jagorawi > Exit Ciawi > Ciawi > Cicurug > Parung Kuda > Cibadak > Cikembar > Warung Kiara > Pelabuhanratu 

Bandung
Bandung (Pasteur) > Tol Purbaleunyi (Cipularang) > Exit Padalarang  > Padalarang > Cipatat > Rajamandala > Ciranjang > Cianjur > Gekbrong > Sukaraja > Sukabumi > Cikembar > Warung Kiara > Pelabuhanratu

Menggunakan Kendaraan Umum:

Dari bandung
- Dari terminal Leuwi Panjang bandung Naik Bus Bandung-Sukabumi lalu turun di terminal Sukabumi. (Atau bisa nain travel Siliwangi Trans)
- Dari terminal Sukabumi naik bus jurusan Pelabuhan Ratu turun di Pelabuhan Ratu
3
Rute, Fasilitas, dan Spot Menarik di Pelabuhan Ratu Sukabumi
Daftar Harga Bus Jurusan Bandung-Sukabumi (MGI) 

Dari Bogor
- Dari terminal yang terletak di Jakarta naik bus jurusan Bogor turun di terminal Baranangsiang Bogor.
- Dari terminal Baranangsiang Bogor naik bus jurusan Pelabuhan Ratu turun di Pelabuhan Ratu

Spot di Pelabuhan Ratu
- Pantai Karang Hawu

Pantai Karang HawuRute, Fasilitas, dan Spot Menarik di Pelabuhan Ratu Sukabumi
Pantai Karang Hawu
Lokasi pantai ini juga dekat dengan area wisata Pelabuhan Ratu. Pemandangan karang dan tebing yang menjorok ke laut adalah panorama unik yang dapat Anda temui di pantai Karang Hawu. Pesona alam di kawasan ini sungguh memikat, menyuguhkan Anda keindahan sepanjang horizon yang tersaji di depan di mata. Memancing dan berenang adalah beberapa kegiatan yang populer dilakukan wisatawan di pantai ini, terutama di kala pagi dan sore hari. Selain itu, berselancar juga merupakan kegiatan lain yang cukup sering dilakukan wisatawan di pantai Karang Hawu.
- Pemandian Air Panas Cisolok
Tak jauh dari kawasan wisata Pelabuhan Ratu, Anda dapat pergi dengan mudah ke tempat pemandian air panas yang berlokasi di desa Cisolok. Keunikan air panas Cisolok adalah pada airnya yang keluar melalui bebatuan dengan tiga titik sembur. Air panas yang keluar dari titik sembur ini bersuhu tinggi mencapai 80 derajat Celcius, oleh karenanya Anda tidak diperbolehkan berada dekat dengan titik sembur tersebut.
Rute, Fasilitas, dan Spot Menarik di Pelabuhan Ratu Sukabumi
Air Panas Cisolok
Cukup jarang ditemui pemandian air panas di kawasan pantai, sebab pada umumnya berada di daerah pegunungan sebagaimana yang dapat ditemukan di CiaterCiwidey, atau Gunung Pancar. Berendam di pemandian air panas ini dipercaya akan berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Satu hal lagi, air panas Cisolok ini tidak mengandung belerang, melainkan berasal dari Geyser bumi.
- Pantai Pelabuhan Ratu
Inilah tempat wisata paling terkenal di Sukabumi, merupakan destinasi utama bagi siapun yang mengunjungi kawasan wisata Pelabuhan Ratu. Pantai Pelabuhan Ratu memberi suguhan panorama yang menawan, berbalut udara sejuk, dan pasir yang terhampar luas. Di pantai ini, Anda akan menjumpai bebatuan karang terjal yang menjorok ke laut serta hutan cagar alam pada sisi lainnya. Deburan ombak kencang yang menghantam karang semakin menambah panorama indah pantai di Sukabumi yang satu ini.
Pantai Pelabuhan Ratu
Pantai Pelabuhan Ratu
Cara paling populer yang dilakukan wisatawan di pantai Pelabuhan Ratu ini adalah dengan bermain-main di tepian pantai, bersantai menikmati alam sekitar, hingga memancing. Jika ingin, Anda dapat menyewa kuda yang akan mengantarkan Anda berkeliling kawasan pantai tersebut.
Scuba Diving di Pelabuhan Ratu
Keindahan alam bawah laut Pelabuhan Ratu adalah salah satu yang menawan yang dapat Anda temui. Meski dikenal dengan arus lautnya yang besar, tetapi tidak semua tempat di kawasan Pelabuhan Ratu memiliki ombak besar dan arus yang kuat. Beberapa spot diving di Pelabuhan Ratu yang terkenal adalah Sodong Parat, Karang Antuk, dan Batu Kuok. Dari ketiganya, Karang Antuk adalah yang paling disukai para penikmat diving.
Diving di Pelabuhan Ratu
Diving di Pelabuhan Ratu
Anda dapat menghubungi dive operator di Pelabuhan Ratu untuk dapat mengeksplorasi pesona eksositem bawah lautnya yang menawan. Terdapat aneka spesies ikan dengan warna-warni yang indah dan terumbu karang.

1 Response to "Rute, Fasilitas, dan Spot Menarik di Pelabuhan Ratu Sukabumi"

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُت

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)