Walkthrough Final Fantasy 9 Bahasa Indonesia Disc 1

Walkthrough/Jalan Cerita Final Fantasy 9 Bahasa Indonesia
Final Fantasy 9

Link Walkthrough Disc 2 : => Final Fantasy 9 Bahasa Indonesia Disc 2 <=


Aboard the Prima Vista

Sebelum kamu menyalakan lilin, cari ruangan yang berisi potion dan 47 GIL. Setelah lilin itu dinyalakan, terjadi percakapan, lalu kamu melakukan pertarungan pertama melawan boss ditemani 3 orang kawan kamu. Curi semua item boss, kemudian gunakan serangan fisik aja supaya menang. Di scene 1 ini kamu akan memberikan nama pada karakter utama(terserah namanya apa). Tetapi secara default, karakter utama bernama Zidane.

Walkthrough/Jalan Cerita Final Fantasy 9 Bahasa Indonesia
Baku

Alexandria

Walkthrough/Jalan Cerita Final Fantasy 9 Bahasa Indonesia
Vivi
Di scene ini kamu akan bisa mengontrol karakter lainnnya, yaitu Vivi, seorang Black Mage "imut", kembali ke pintu yang tadi kamu lewati, cari beberapa kartu dan item, kemudian balik lagi ke jalan utama untuk melanjutkan perjalanan. Pastikan kamu mencari item dan GIL (perhatikan Field Icon) di setiap sudut dan celah. Ketika sudah tiba di town square (alun-alun kota), pergilah ke loket. (Di  permainan lompat tali, tekan tombol kanan begitu kamu menginjak/menyentuh tanah. Bisakah kamu melompat 1000 kali biar bisa jadi master lompat tali?)

Hadiah yang didapat dari lompat tali :
# 20     lompatan: 10gil# 50     lompatan: Cactrot Card# 100   lompatan: Genji Card# 200   lompatan: Alexander Card# 300   lompatan: Cat Paw Racket# 1000 lompatan: King of Skipping Tittle. 

Okeh lanjut, Kamu akan menerima beberapa kabar mengecewakan, jadi pergilah ke kiri-bawah alun-alun kota melalui gang. Ketika Rat Kid memintamu menjadi pelayannya, bilang "no". Lanjutkan perjalananmu di gang (rampok item yang ada di rumah di sana). Kalau kamu menaiki tangga menara lalu membunyikan lonceng, beberapa kartu akan jatuh dari atas lonceng itu, dan kamu akan memilikinya. Kembalilah ke gang, Rat Kid ada di sina lagi. Kali ini kamu harus mau jadi pelayannya. Bilang padanya bahwa tidak ada orang yang datang, lalu ikuti dia. Di menara kamu akan menemui Moogle pertama (Moogle berlaku seperti poin penyelamat tempat kamu menggunakan tent (tenda) dan save game-mu). Terus buntuti Rat Kid sampai ke bubungan atap. (Penduduk Alexandria menabung di bubungan atap karena berbagai alasan). Terdapat juga beberapa peti di atap, carilah jalan untuk menggapainya. Begitu kamu berhasil mencapai puri, game dimulai

I Want to be Your Canary

Akan ada beberapa "pertarungan", ini tidak berbahaya, teruslah menyerang sampai kamu menang. Mantera-mantera hanya diperlihatkan, jangan menimbulkan damage pada yang lain. Kalau kamu mengalami pertempuran pedang (sword battle), ikuti saja petunjuk di layar (on-screen directions) untuk menarik hati penonton. Semakin baik kamu melakukannya, semakin banyak penghargaan yang kamu terima. Kamu boleh mencoba berkali-kali, jadi cobalah mencapai 100%!!

Alexandria Castle

Walkthrough/Jalan Cerita Final Fantasy 9 Bahasa Indonesia
Naiklah ke atas ke tangga, kamu akan menemui "Mysterious Hooded Girl," lalu akan ada dua pilihan dan saksikan sebuah peristiwa bahwa wanita itu adalah Princess Garnet. Ketika kamu berhasil mengontrol Steiner, kembalilah ke balkon dan bicara dengan ratu untuk mendapatkan Silk Shirt. Kemudian turun tangga (di dalam tempat tinggal satria, ada Moogle yang di-save di sebelah kanan). Kembali ke Hallway dan menujulah ke hall utama. Lalu, turuni tangga di bawah lukisan yang ada di ujung hall. Keluarlah ke Courtyard. Belok kiri dan ikuti jalan setapak ke West Tower, naik tangga sampai ke puncaknya.

TAKTIK : THE AUTO-POTION + AUTO-REGEN COMBO

Auto-Potion dan Auto-Regen sangat bermanfaat. Jika keduanya dikombinasikan dengan setiap anggota kelompokmu, kalian nggak bakal terkalahkan. Regen akan terus memulihkanmu ketika kamu sedang melakukan serangan senjata, mantera, panggilan, atau pun yang lain. Bahkan saat musuhmu melakukan serangan. Untuk mengaktifkan Auto-Potion perlu waktu beberapa detik (selama itu Regen tetap memiliki efek). Kalau setiap anggotamu punya dua kemampuan ini dan mengaktifkannya, setiap serangan akan mengeluarkan Auto-Potion dan setiap orang akan mendapatkan kehidupan dari Regen saat ia sedang menyempurnakan diri. Tambahkan Auto-Haste dan Chemist pada efek kombo.

Aboard the Prima Vista (2)

Kamu akan dapat mengontrol Zidane kembali, ikutilah Garnet ke ruangan berikutnya dan bicaralah pada Ruby. Ketika kamu mampir ke ruang mesin, berbaliklah, dan putar kontrol tekanan roda (pressure control whell) ke kanan, lalu ke kiri peti harta bakal muncul di bagian lain di ruangan itu. Setelah itu, berjalanlah di sepanjang plang yang menuju ke kiri dan turuni tangga . Buka peti untuk mendapatkan Phoenix Down dari carilah di belakang mesin untuk Phoenix Pinion. Balik lagi melalui pintu dan bertarunglah dengan Steiner. Jangan cuma gunakan serangan fisiknya, sekalian curi aja (nggak usah cemas kalau Cinna KO). Lanjutkan sampai kamu bertarung dengan Steiner lagi. Sayang, saat pertarungan ini kamu nggak bisa mencuri, jadi keluarkan aja dua Pluto Knights, lalu Steiner. Kalau perlu, gunakan mantera Garnet's Cure. Amati FMV, lalu bersiap-siaplah bertarung lagi. Abaikan Bomb dan serangan Steiner sampai pertarungan berakhir dengan otomatis dan rangkaian FMV lain dimulai.

Crash Site

Di sini kamu akan melihat ATE-mu yang pertama (meskipun sebagian besar ATE  boleh dipilih, mereka betul-betul menampilkan peristiwa yang menarik. Kalau kamu mau, perhatikan ATE, lalu save di Moogle terdekat. Pergilah melewati balok yang dilubangi di pojok layar dan masuki Forest.

Evil Forest

Ini area pertama tempat kamu menemukan pertarungan-pertarungan secara random, jadi pastikan perlengkapanmu lengkap. Sangat bijaksana kalau kamu mau bertarung di sini, karena kamu akan terbiasa dengan battle engine dan berguna untuk meningkatkan satu atau dua level sebelum kamu berjalan terus dan menghadapi boss yang serangan magicnya cukup merepotkan. Kamu juga bisa kembali, gunakan tenda, dan save di Moogle kalau perlu. Kalau sudah siap, pindahlah ke ruang berikutnya dan lawan boss pertamamu. Tujuan utama dalam pertarungan ini adalah menaklukkan tanaman sementara menyelamatkan putri ini adalah pertarungan pertama yang membawamu ke Trance, maka gunakan kekuatan barumu untuk mengalahkan tanaman itu dengan cepat. Kalau kamu mengalami kesulitan saat mengalahkan boss dan keadaan Garnet semakin parah, gunakan potion lalu arahkan pada Garnet agar bisa disembuhkan. Kalau pun menang, jangan sombong dulu. Kamu masih harus mengalahkan tanaman lain walaupun kali ini Vivi membantumu. Lakukanlah hal yang sama dengan yang sebelumnya. Setelah tanaman itu meninggalkanmu dengan kejutan yang menyebalkan, kamu akan terbangun di Prima Vista.

Prima Vista

Turun tangga dan masuk ke ruangan di sebelah kanan. Bicaralah dengan Vivi, lalu turun lagi ke dek bawah untuk berbicara dengan Baku. Ia punya sejumlah damage, tapi kadang-kadang ia bepergian dan tidak menyerang. Kalau kamu punya potion, artinya kamu akan aman untuk mencuri beberapa itemnya sebelum kamu menyerangnya. Sebaliknya, pukul dengan serangan normal sampai dia terjatuh. Setelah bertarung, naik lagi dan lewat pintu masuk ke Instrument Storage Room. Bicaralah pada Steiner, lalu Vivi. Sekarang kembalilah ke ruang muatan (cargo), lalu keluar. Sebelum kamu berangkat, lengkapi dengan senjata baru dan baju baja yang kamu temukan atau curi dari dalam kapal pastikan untuk mencatat kemampuan yang dimilikinya, karena kamu boleh mempelajari kemampuan dari perlengkapan yang lemah sebelum menukarnya dengan yang baru. Di sini kamu juga bisa membeli item dari Cinna. Pastikan punya stok potion yang banyak, karena sekarang kamu nggak punya penyembuh magis. Disarankan juga untuk punya beberapa item lain. Save di Moogle, lalu kembali ke hutan.

Evil Forest (2)

Walkthrough/Jalan Cerita Final Fantasy 9 Bahasa Indonesia
Steiner
Kali ini kamu akan dibantu oleh Steiner dan Vivi, Steiner bisa menggunakan teknik Sword Magic, yang memungkinkan dia menerapkan mantera apa pun. Dan mantera pada serangan Steiner itu sudah ditambahkan damage oleh Vivi (ini menyebabkan MP-nya Steiner yang meningkat, bukan Vivi). Cari jalan ke hutan dan temukan healing spring (mata air yang dapat menyembuhkan). Di sini kamu dapat melengkapi misi Mognet pertamamu dengan Moogle. Setelah kamu disembuhkan di mata air ini, lanjutkan ke kanan. Kalau melihat FMV, yakinlah bahwa kamu siap bertarung. Lalu pergilah ke ruangan lain dan kamu akan bertemu dengan boss sungguhan yang pertama. Gunakan Steiner's Magic Sword dan Fire sampai Steiner kehabisan MP. Vivi harus melemparkan Fire dan Zidane harus mencuri atau berputar arah. Kalau Plant Brain bikin matamu buta dengan Pollen-nya, jangan ragu-ragu gunakan Eye Drops pada siapa pun kecuali Zidane (bahkan kalau ia buta, Steiner tetap bisa memukul dengan Magic Sword, dan Vivi seharusnya tidak melakukan serangan fisik). Begitu kamu menimbulkan banyak damage, Blank mau bergabung dalam pertarungan. Ia juga bisa mencuri, jadi kalau kamu belum mengambil Plant Brain's Iron Helm, suruh Zidane atau Blank atau keduanya untuk mendapatkannya. Tetaplah bertarung sampai kamu mendapatkannya.

Sekarang saatnya lari. Segera setelah kamu mendapat kontrol, pergilah ke subscreen dan sembuhkan orang yang terluka saat bertarung dengan boss. Kalau kamu tertangkap (walaupun baru sekali), lawan aja tanaman itu mereka nggak sekuat yang kamu bayangkan kok dan tetaplah lari sampai kamu meraih FMV. Events unfold (sama seperti pelajaran dari Mogster) dan akhirnya kamu dapat menjelajahi dunia untuk pertama kalinya.

Walkthrough/Jalan Cerita Final Fantasy 9 Bahasa Indonesia


Mist Continent

Kali ini kamu harus menambah kemampuan disetiap karakter. Pelajarilah ability (kemampuan) yang paling berguna dari perlengkapanmu, lalu raihlah beberapa level. Kalau kamu sudah siap, pergilah ke selatan Ice Caver -, (Kalau kamu perlu potion, ambil jalan memutar ke barat dan masuki Melda Arch tempat seorang cewek yang menjual obat padamu dari balik pintu.)

Ice Cavern

Walkthrough/Jalan Cerita Final Fantasy 9 Bahasa Indonesia
Black Mage
Di sini menghindarlah dari hembusan angin yang kencang atau kamu harus bertarung dengan Wyerd (kalau ini terjadi, gunakan Vivi's Fire atau Steiner's Fire Sword agar bisa mengalahkan Wyerd dengan mudah). Terdapat beberapa dinding es yang bisa dicairkan Vivi agar bisa membuka peti dan jalan-jalan tersembunyi (carilah dinding sebelah atas Icicle Field untuk menemukan Elixer). Kalau jalan itu bercabang, ambil jalan yang kiri dan temukan Moogle. Kemudian balik lagi dan ambil jalan yang kanan. Setelah adegan yang bersuasana udara dingin, Zidane terjaga. Pastikan bahwa kamu juga sudah pulih total, lalu pergilah ke ruangan berikutnya untuk bertarung dengan boss.

Di sini kamu juga akan bisa meningkatkan kemmpuan karaktermu, karena Zidane menantang boss-boss itu sendirian. Kalau kamu berada di Trance selama pertarungan, hal itu malah memudahkan. Kalau kamu nggak ada di situ, kamu tetap oke selama kamu dilengkapi dengan potion. Pertama-tama serang Black Waltz no.1, lalu konsentrasilah pada lingkaran yang berwarna pada dada Sealion (kalau kamu pe-de, kamu bisa bertahan, curilah beberapa peralatan). Setelah kamu bergabung lagi dengan kelompokmu, kembalilah ke ruangan tempat kamu bertarung dengan boss lalu keluar dari Ice Cavern.

Dali

Begitu kamu meninggalkan Ice Cavern, pergilah ke desa Dali. Ketika kamu tiba di desa itu, singgahlah di penginapan, kelompokmu akan berpencar untuk sementara waktu. Setelah kamu berhasil mengontrol Zidane, tinggalkan penginapan dan cari Vivi. Setelah bicara dengannya, pergilah ke toko perlengkapan/peralatan untuk mencari Princess Garnet, yang telah mengubah namanya menjadi Dagger. Bicaralah padanya, upgrade perlengkapanmu di toko itu, kamu juga bisa bermain kartu di toko ini, kemudian balik lagi ke penginapan. Setelah bertemu dengan Dagger, teruskan pencarian Vivi. Kembali ke tempat dimana kamu pernah menemukan dia sebelumnya, cari juga pipa kecil di lantai di sebelah kiri, di sebelah gedung. Lalu, masuk ke gedung kincir angin di sebelah kiri dan seorang anak yang menjaga lubang palka di kiri akan hilang. Sekarang kamu bisa masuk ke lubang itu. Setelah tiba di bawah tanah, ikuti jalan sampai kamu menemukan Vivi yang terjebak di dalam box kayu. Bebaskan dia dan dia akan bergabung dengan kelompokmu lagi. Sekarang lanjutkan dengan melalui ruangan-ruangan di sebelah kanan sampai kamu bisa menkontrol Steiner.

Mountain Observatory / Cargo Ship Landing Site

Ikuti pria tua untuk turun gunung dan masuklah ke rumahnya. Bicara dengan pria tua itu, lalu pergilah ke overworld. Setelah Steiner berhasil tiba di Cargo Ship Landing Site, ia akan menemukan box kayu yang yabg di dalamnya memuat anggota kelompok kamu (jangan cemas, kedua pilihan yang akan kamu pilih memungkinkan mereka untuk keluar dari sana). Setelah mereka berbincang-bincang, Black Waltz no.2 datang dan kini saatnya bertarung lagi. Seperti biasa, curi atau serang dengan Zidane. Steiner dan Vivi harus menggunakan Sword Magic dan mantera-mantera, tapi jangan gunakan Fire (Black Waltz no.2 pengendali api). Gunakan Dagger sebagai healer. Kalau Black Waltz  no.2 membunuh beberapa karaktermu, cepat gunakan Phoenix Down untuk menghidupkan mereka lagi. Setelah bertarung, kamu boleh langsung menaiki cargo ship (kapal pengangkut barang) atau kembali ke kota untuk penyembuhan, save, atau membeli perlengkapan atau keperluan lain sebelum kamu melanjutkan perjalanan. Kalau sudah siap, kembali lagi ke kapal.

Cargo Ship

Maju dan naik ke dek atas kapal. Masuk ke kokpit dan setelah sederetan peristiwa kini giliran Black Waltz no.3 bertarung denganmu. Kali ini kamu bisa menggunakan magis apa aja yang kamu mau. Keluarkan serangan terbaik dari setiap karakter. Setelah FMV yang bagus, kamu akan berakhir di Lindblum.

Lindblum

Walkthrough/Jalan Cerita Final Fantasy 9 Bahasa Indonesia
Freya
Ikuti Artania ke kanan, maka kamu akan tiba di Cid Fabul. Setelah menyaksikan peristiwa-peristiwa mengejutkan di sini, kamu akan masuk ke bar dan berpura-pura jadi Zidane. Di bar ini kamu akan bertemu dengan Freya (dia belum mau bergabung denganmu). Setelah itu, kamu akan kembali ke penginapan dan menelusuri kota. Di sini kamu harus membeli item, mencari harta karun, membeli perlengkapan (beli Steepled Hats sebanyak mungkin kamu akan tahu sebabnya nanti. Setelah kamu berkeliling di Business Districk, pergilah ke stasiun Air Cab di seberang penginapan, lalu ke Theatre District. Dari situ, ikuti jalan sampai kamu bertemu Zidane yang lagi jalan-jalan. Cari ruangan yang di dalamnya ada item-item berguna, lalu kembali lagi ke jalan dan ke puri.

Di dalam puri menujulah ke ruang Garnet, lalu ke ruang air mancur, coba gunakan lift. Kamu harus menyamar, jadi kembalilah ke kanan dan turun tangga agar bertemu dengan penjaga yang sedang tertidur dan Zidane akan menipunya, jadi kamu bisa pakai lift untuk naik ke lantai atas. Ambil gang sebelah kiri dan teruskan naik tangga. Setelah FMV dan beberapa dialog, kamu akan sampai di ruang Garnet, tempat kamu akan tahu bahwa kini saatnya Festival of the Hunt. Save di Moogle, lalu pergilah ke stasiun Air Cab. Kalau sudah sampai di Theatre District, batas waktu 12 menit akan dimulai. Kamu harus berburu monster sebanyak mungkin di area ini, tapi kamu harus menghindari Trick Sparrows mereka tidak memberikan banyak poin. Setelah kamu meninggalkan Theatre District, pergilah ke Industrial District. Cari area untuk membunuh monster, sama seperti yang kamu lakukan di Theatre District. Lalu pergi ke Busines Distrik. Ketika jalan bercabang, ambil yang kiri. Sehabis meninggalkan area itu, balik lagi dan kamu akan menemukan Vivi yang sedang sikejar monster, hadang monster dan lawan. Setelah selesai, sekarang ambil jalan yang kanan supaya bisa bertarung dengan Zaghnol. Freya ikut bertarung. Jadi, kamu sudah bisa memutuskan siapa yang bakal memenangkan kontes ini. Untuk hasil yang terbaik, biarkan Freya membunuh agar bisa menang. Dan kamu akan mendapat Coral Ring sebagai hadiahnya. Atau kamu saja yang membunuh Zagnol, dan menjadi juara 1.

Begitu Festival berakhir dan kamu sudah dapat hadiahnya, kelompokmu akan mempelajari situasi di Burmecia. Setelah berdiskusi dan mendapat hasil yang mengejutkan, Garnet dan Steiner akan pergi, sedangkan kamu akan mengambil kontrol Zidane, Freya, dan Vivi. Pastikan Freya sudah punya peralatan lengkap, lalu pergi ke lift puri yang menuju ke lantai dasar. Ambil mobil sebelah kiri untuk pergi ke Dragon Gate. Kamu harus punya cadangan item dan save di Moogle, lalu kembali ke overworld.

Qu's Marsh

Walkthrough/Jalan Cerita Final Fantasy 9 Bahasa Indonesia
Quina
Sebelum kamu melakukan apa pun di poin ini, bergegaslah ke utara dan temukan sesuatu yang mirip hutan sebetulnya ini adalah Qu's Marsh. Dekati rawa/payau ini (kamu akan mengenalinya setelah kamu melihat dua pelajaran ATE dari Mogster) dan terus berjalan sampai kamu menemukan area dengan dua Moogles dan rumput yang tinggi. Kalau kamu berjalan di sepanjang rumput di bagian atas layar , kamu akan menemukan beberapa jalan setapak. Ambil salah satu dan terus berjalan sampai kamu melihat kolam dimana Quina mau menangkap katak.

Bicaralah dengan Quina (anggap aja dia cewek), lalu tangkap katak untuknya. Nanti ia akan bergabung dengan kelompokmu. Kalau Quina sudah bergabung, kembalilah ke kolam dan tangkap katak lebih banyak lagi buat dia.

Berikut adalah hadiah yang akan kamu dapatkan:
# 2     kodok :   Ore Stone
# 5     kodok :   Ether
# 9     kodok :   Silk Robe
# 15   kodok :   Elixir
# 23   kodok :   Silver Fork
# 33   kodok :   Bistro Fork
Kalau kamu menangkap 100 kodok sebuah boss rahasia (Quina Master) akan muncul. Kalahkan dia untuk mendapatkan senjata terkuat Quina.

Setelah kamu menangkap katak, guru Quinan akan menghadiahinya beberapa item dan kekuatan mantera Quina's Frog Drop akan bertambah ( makan musuh katak di Qu's Marsh supaya bisa mendapatkannya). Ketika menangkap katak, pastikan kamu mennyisakan satu katak jantan dan betina agar mereka tetap bisa berkembang biak nantinya. Juga ingat-ingat kalau Golden Frog bertelur dengan cepat. Biarkan mereka sendiri.

Gizamaluke's Grotto

Setelah meninggalkan rawa, tambahkan karaktermu dan pelajari kemampuan baru. Kalau sudah siap, pergilah ke timur laut ke Gizamaluke's Grotto. Setiba di sana kamu harus bertarung dengan sederetan ilmu hitam kamu akan mendapat Gizamaluke Bell setelah kamu berhasil menaklukkan penyihir hitam itu. Kamu cuma boleh menggunakan setiap bel/lonceng sekali aja untuk membuka salah satu pintu. Di belakang setiap pintu akan kamu temukan jalan untuk mendapatkan bel yang lain.

Setelah kamu melewati salah satu pintu di ruang utama, kamu akan tiba di ruangan yang di dalamnya ada bel besar dan Moogle. Bicaralah pada Moogle dan berikan Vivi's Kupo Nut untuk membebaskan Moogle lain yang terperangkap di bawah bel ini juga bisa membuka peti dengan Gizamaluke's Bell yang lain. Ambil bel dan lewati pintu di sebelah kanan ruangan. Di sini ada Moogle yang di-save dan tanaman anggur yang merambat keluar. Saat ini jangan buang tanaman itu, kecuali kalau kamu ingin mati di tangan monster itu. Sebaiknya kembalilah ke ruangan sebelumnya (kamu akan menerima bel lain saat berjalan keluar) dan pastikan kelompokmu siap bertarung dengan boss, lalu ambil pintu kiri.

Setelah kamu bicara dengan prajurit yang terluka, kamu harus melawan Gizamaluke. Metode pertarungan ini standar aja. Zidane harus menyerang atau mencuri . Freya dan Quina juga harus menyerang, sedangkan Vivi menggunakan magis Fire atau Thunder. Jaga agar poin pukulan setiap orang tetap penuh dengan potion, maka pertarungan akan lebih mudah. Setelah bertarung kelompokmu akan pergi dari Grotto . Eksyen akan kembali ke Dagger dan Steiner.

South Gate

Setelah menipu penjaga, kamu bisa masuk ke South Gate. Bicaralah dengan cowok yang sedang memperbaiki gerbang (jangan bunuh dia), lalu bilang pada bos-nya yang ada di kanan layar kalo pekerjanya itu lamban. Lalu bicara dengan cowok di atas layar dan hibur istrinya. Setelah dari pantai, pergilah ke lembah, ambil tiket dari penjaga, lalu kembali ke lembah lagi. Setelah Dagger keluar dari tas, lanjut ke area berikutnya. Di sini kamu bisa membeli item dan save game-mu. Kalau sudah siap, naik kereta api.

Burmecia

Kembali ke Gizamaluke's Grotto, kamu akan mengambil kontrol kelompok lain. Setiba di overworld, menujulah ke utara sampai kamu ketemu area yang turun hujan. Di sinilah kamu menemukan kerajaan Burmecia. Terus jalan sampai kamu melihat gedung luas dengan banyak pintu. Kamu akan menemukan lebih banyak penyihir hitam lagi, lawan mereka, lalu lewati setiap pintu untuk mencari gedung. Ketika kamu berada di lantai tiga, kamu akan melihat papan kayu yang melintang di antara dua jalan. Kalau kamu menyeberangi papan itu, ia akan terjatuh. Jadi, kalau kamu mau petinya dulu, ambillah, lalu lari karena papan itu akan jatuh ke level bawah. Balik lagi ke lantai dua dan gunakan papan itu lagi untuk menyeberang di sisi lain. Teruskan sampai kamu tiba di balkon. Lompat ke sisi lain, lalu bicara dengan prajurit yang terluka. Cari bel di tempat tidur, lalu balik lagi ke pintu besar yang sebelumnya nggak bisa kamu buka. Gunakan bel untuk membuka pintu itu.

Bergegaslah ke tangga, lalu setelah ada adegan di sana, kamu akan tiba di area dengan sebuah gedung yang berpintu besar. Masuklah ke gedung itu, lalu keluar lagi dan naik tangga. Kamu akan sampai di halaman gedung yang dikelilingi tembok dan dilengkapi dengan dua pintu dan satu jalan setapak di tengahnya. Ambil pintu yang kanan untuk poin yang di-save dan kesempatan untuk membeli beberapa perlengkapan oke dari Moogle. Kemudian mundur dan ambil pintu kiri untuk mendapatkan Mythril Spear buat Freya. Setelah itu ambil jalan yang berada di antara dua pintu. Setelah kamu menyenangkan hati Freya, ia akan melompati dinding dan masuk ke puri. Ikuti dia dan kamu akan menyaksikan peristiwa yang mengejutkan.Sekarang giliranmu bertarung dengan Beatrix. Hati-hati, dia bisa membunuhmu. Susah untuk dilawan, susah banget. Banget. Terus serang dia dan pulihkan dirimu dengan Phoenix Downs dan Potions sampai dia menggunakan Stock Break dan menyisakan satu HP ke setiap karakter.

Disc 1 SELESAI :D


Walkthrough/Jalan Cerita Final Fantasy 9 Bahasa Indonesia

8 Responses to "Walkthrough Final Fantasy 9 Bahasa Indonesia Disc 1"

  1. DISC 2, 3, & 4 dong kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link Disc 2
      http://pangeranovi.blogspot.com/2015/09/walkthrough-final-fantasy-9-bahasa.html

      Hapus
  2. kalo yang lompat tali dimana ya?
    soalnya Alexandria udah hancur nii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di menara yang arah kiri, yang ada loncengnya mbak.
      Itu loh yg pertama main, yang si Vivi di ajak sama Pangeran Puck buat menyelinap ke kastil.

      Hapus
  3. Udah lama gak mainin Zidane lagi haha jadi pengen main lagi

    Nonton film action
    Download film action

    BalasHapus

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُت

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)