Contoh Laporan PL BAB 1 di SMP NEGERI 18 BOGOR

Cara membuat laporan PL Kuliah BAB 1 Pendahuluan


BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang

Kegiatan pembelajaran dalam pendidikan, khususnya pendidikan formal yang berlangsung disekolah, merupakan aktif antara guru dan siswa. Tugas dan tanggung jawab utama seorang guru adalah mengelola pembelajaran dengan lebih efektif, dinamis, efisien, dan positif, yang ditandai dengan adanya kesadaran dan keterlibatan aktif di antara dua subjek pembelajaran. Guru sebagai penginisiatif awal dan pengarah serta pembimbing, sedangkan siswa sebagai yang mengalami dan terlibat aktif untuk memperoleh perubahan diri dalam pembelajaran.
Praktik pembelajaran di sekolah umumnya masih terfokus pada guru, sedangkan siswa belum terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Secara umum, keaktifan siswa dalam pembelajaran tergolong rendah, hal ini terlihat dari : siswa tidak banyak bertanya, aktivitas siswa terbatas pada pendengaran, mencatat, dan menjawab pertanyaan bila guru memberi pertanyaan, siswa hadir di kelas dengan persiapan belajar yang tidak memadai, mengeluh jika diberi latihan, dan siswa hanya diam ketika ditanya sudah mengerti atau belum.
Untuk menyelesaikan masalah-masalah diatas, yaitu tentang bagaimana meningkatkan keaktifan belajar siswa, guru dapat memilih alternative metode pembelajaran yang sesuai. Metode pembelajaran interaktif merupakan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keaktifan dan kepemahaman siswa tentang pelajaran yang sedang mereka tekuni. Metode ini akan merubah peran guru dari peran yang berpusat ke pengelolan belajar siswa. Kini penulis akan melakukan penelitian mengenai metode pembelajaran interaktif, lalu difokuskan untuk meningkatkan pengelolaan belajar siswa, sehingga tidak terlalu berfokus pada guru dan sekolah.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul, “Penerapan Metode Pemebelajaran Interaktif secara Online di SMP Negeri 18 Bogor.”



1.2. Rumusan Masalah

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada perbedaan pengaruh penerapan metode pembelajaran interaktif terhadap fungsi guru sebagai pengajar dan siswa sebagai pelajar di SMP Negeri 18 Bogor?


1.3. Tujuan Penelitian

Tujuan dari pemelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan metode pembelajaran interaktif terhadap kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 18 Bogor.


1.4. Ruang Lingkup Praktek Lapang

Runag lingkup dari praktek lapang yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan metode pembelajaran interaktif terhadap kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 18 Bogor ini dibatasi pada perancangan konseptual, database, dan implementasi media pembelajaran secara online dengan menggunakan FLASH, PHP, XML, dan MySQL.


1.5. Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini, yaitu :

1.      1.  Bagi Siswa
Penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih baik dalam mengelola kegiatan belajar di sekolah maupun di luar sekolah.

2.      2. Bagi Guru
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan opsi cara mengajar bagi guru dalam meningkatakn pemahaman siswa di suatu bidang pelajaran di sekolah.

3.      3. Bagi Sekolah
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan dalam meningkatkan kualitas sekolah terutama staff pengajar.

4.     4.  Bagi Penulis
Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman sebagai bekal untuk menjadi guru professional.

5.     5.  Untuk Universitas Pakuan

Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk penelitian selanjutnya dalam segmen yang berbeda.

0 Response to "Contoh Laporan PL BAB 1 di SMP NEGERI 18 BOGOR"

Posting Komentar

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُت

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)